6 Daftar Perusahaan Kontraktor Swasta Terbesar Indonesia


Indonesia terkenal dengan sumber daya alam yang sangat tinggi, begitu pula dengan perkembangan infrastrukturnya yang kian hari semakin maju. Maka tidak heran jika kini ada banyak sekali proses pembuatan infrastruktur umum yang memang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan mobilitas para penduduknya.

Pembangunan akan infrastruktur tentu tidak lepas dari campur tangan sebuah perusahaan kontraktor. Menangani proyek milik pemerintah, perusahaan kontraktor yang digunakan pastilah sebuah perusahaan yang sudah terbukti baik dari segi pengalaman maupun perijinan. Kemampuan tenaga kerja di dalamnya pun telah tersertifikasi.

Pada dasarnya memang baik itu dari perusahaan BUMN ataupun swasta, semua tentu memiliki keunggualan masing-masing. Berikut adalah daftar 6 perusahaan kontraktor swasta terbesar yang ada di Indonesia, yaitu:
  • PT Total Bangun Persada Tbk.


Dengan memiliki pengalaman pada bidang konstruksi kurang lebih 40 tahun, perusahaan ini telah banyak mengerjakan berbagai pembangunan proyek mulai dari bidang lingkungan hidup, infrastruktur sipil, dan sebagainya. Ada beberapa proyek konstruksi besar yang dengan sukses diselesaikan diantaranya, JIEXPO Convention and Theatre, ICE BSD, BRI BSD, Kompas Tower, Astra Tower dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • PT PP ( Persero ) Tbk.

Dibangun sekitar 25 tahun, perusahaan kontraktor terbesar yaitu PT PP kini sudah banyak melakukan banyak perubahan besar. Yang mana diantaranya adalah menjadi salah satu pelaku utama pada bisnis kontruksi nasional, banyak mendirikan anak perusahaan, melakukan akuisisi perusahaan lain dan banyak juga lainnya.

  • PT Nindya Karya ( Persero )

Salah satu perusahaan BUMN yang bergerak dibidang jasa konstruksi juga telah banyak menghasilkan karya pembangunannya yang mana itu diantaranya seperti Hotel Horison di Semarang, jalan layang, jembatan dan juga Stadion Patriot Bekasi.


Bahkan untuk bisa mendukung akan pembangunan konstruksinya, PT Nindya juga mendirikan anak perusahaan yaitu PT Nindya Beton yang dikhususkan pada bidang percetakan beton.

  • PT Hutama Karya ( Persero )


Sejak dari tahun 1980 sampai dengan 2016, PT HK telah melakukan diverifikasi juga pengembangan usaha hingga ke negara lain. Tidak hanya itu, perusahaan ini juga telah melakukan pembangunan infrastruktur dengan mengusung teknologi konstruksi canggih seperti jembatan Ampera, jembatan Palembang, jalan tol, gedung, properti dan lain sebagainya.


PT HK juga mempunyai anak perusahaan yaitu PT Hutama Karya Infrastruktur, PT HK Realtindo dan PT Hakaaston menjadikannya sebagai salah satu kontraktor terbesar di Indonesia.

  • PT Brantas Abipraya ( Persero )

PT Brantas Abipraya awalnya bergerak pada bidang kontraktor sipil dan lingkungan. Namun dengan pengelolaan yang dilakukan secara konsisten perusahaan kontraktor swasta ini mulai mengembangkan sayapnya pada bidang lain seperi pada pembangunan prasana perhubungan laut, pembangunan jembatan dan jalan, gedung, toll, property dan lain sebaginya.


Perusahaan kontraktor ini juga memiliki beberapa anak perusahaan, yaitu PT Brantas Energi dan Pabrik Beton yang ada di wilayah Jawa Timur, Sumatra Barat juga Jakarta.

  • PT Wahanacipta Muliagraha ( Persero )


Wahana Cipta merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang kontraktor dan konstruksi. Meliputi pembangunan, pengembangan serta pemeliharaan dari berbagai macam bangunan.


Seiring dengan pengalaman yang didapatkan menjadikan perusahaan ini salah satu perusahaan kontraktor mumpuni yang ada di Indonesia. Wahana Cipta juga telah banyak bekerja sama dengan beberapa perusahaan besar dalam bidang pembangunannya, itu diantaranya adalah PT. WINGS, YOGYA GRUP, PT Sinarmas Land dan banyak lainnya.

Itulah beberapa perusahaan kontraktor swasta terbesar yang ada di Indonesia. Tentu masih banyak perusahaan kontraktor besar lainnya. Akan tetapi beberapa perusahan kontraktor diatas dipilih karena telah banyak dikenal dan dipercayai untuk menangani proyek  - proyek besar.




Komentar