Tips Agar Membuat Rumah Menjadi Sejuk Tanpa Penyejuk Ruangan

Akhir-akhir ini Indonesia sedang dilanda perubahan iklim yang ekstrim, mulai dari hujan yang tiba-tiba turun terus menerus maupun panas disiang hari yang sangat terik. Keluar rumah ditengah panas terik dan menyengat membuat setiap orang menginginkan sesuatu yang sejuk entah itu berupa minuman dingin atau rumah yang dilengkapi dengan penyejuk ruangan.

Tips Agar Membuat Rumah Menjadi Sejuk Tanpa Penyejuk Ruangan

Namun penggunaan AC mempunyai dampak bagi lingkungan yaitu dapat meningkatan suhu udara di luar ruangan yang dapat menyebabkan pemanasan global. Maka dari itu, perlu memikirkan agar rumah yang menjadi sebuah tempat setiap orang untuk beristirahat dan menyejukan pikiran dapat dibuat menjadi nyaman dan sejuk. Berikut ini adalah tips untuk menciptakan suasana sejuk pada rumah anda, mari disimak dengan baik. 

1. Penanaman pohon 

Setiap orang menginginkan hunian yang nyaman untuk ditinggali. Suasana sejuk adalah salah satu faktor yang membuat kenyamanan rumah tercipta. Penanaman tanaman atau pepohonan dapat membuat lingkungan rumah anda menjadi sejuk. Anda bisa memperbanyak menanam pepohonan di pekarangan rumah atau berbagai tanaman lain agar rindang dan memberi kesan adem. jika tidak mempunyai halaman yang cukup, anda bisa membuat tanaman hidroponik atau tanaman gantung dan menaruhnya di tempat yang tepat sesuai keinginan. Dengan penerapan tersebut selain menciptakan suasana sejuk, juga dapat menambah keindahan pada hunian anda. Anda juga bisa membuat rak khusus untuk menaruh tanaman agar menghemat penggunaan ruang.

2. Memasang plafon yang lebih tinggi 

Tinggi plafon juga berpengaruh untuk menciptakan suasana sejuk. Plafon atau langit-langit merupakan bagian pembatas antara atap bangunan dengan sebuah ruangan. Palfon ini juga mempunyai fungsi sebagai penahan debu dan panas yang masuk melalui atap serta untuk menutupi kerangka atap bangunan. pemasangan plafon yang rendah membuat ruangan menjadi terasa cepat panas untuk itu pasanglah plafon yang lebih tinggi karena fungsinya yang memperlambat masuknya suhu ke dalam ruangan. Pemilihan plafon agaknya juga perlu untuk dipertimbangkan agar menambah keindahan rumah anda. 

3. Pemasangan Ventilasi silang 

Pemasangan Ventilasi silang

Ventilasi silang adalah bukaan atau ventilasi yang mempunyai posisi yang saling berhadapan dalam satu ruangan, bisa berupa jendela atapun pintu. Teknik ini diciptakan agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik. Cara kerja dari ventilasi silang adalah udara bersih dan sejuk dari luar terdorong masuk kedalam ruangan, kemudian udara yang berasal dari ruangan akan terdorong keluar sehingga ruangan tetap terasa sejuk. Hal demikian membuat penggunaan AC tidak diperlukan karena ruangan ventilasi silang dapat menciptakan suasana yang sejuk.

4. Bukaan ventilasi yang cukup

ventilasi pada rumah sangatlah penting karena merupakan jalur sirkulasi udara. Buka jendela pada saat pagi hari agar udara bersih dapat masuk ke dalam ruangan dan pada malam hari hanya buka sedikit ventilasi anda. Pemasangan ventilasi sesuai ruangan yang ada dirasa dapat membuat ruangan juga menjadi sejuk.

5. Pasang tirai pada jendela

Sinar matahari diwaktu siang bolong memantulkan cahayanya lewat kaca jendela terutama jendela yang menghadap langsung pada posisi matahari. Hal demikian dapat membuat suhu ruangan menjadi meningkat. Oleh karena itu, pasanglah tirai pada jendela untuk mengurangi suhu panas yang masuk pada jendela dengan begitu ruangan akan menjadi lebih sejuk.

6. Pemakaian folding door

folding door atau pintu lipat belakangan sudah menjadi tren dan sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Pintu ini mempunyai banyak lapisan yang cara kerjanya yaitu dilipat ke sudut ruangan. Halaman atau taman belakang rumah yang dipenuhi rindangnya pepohonan kemudian dilengkapi dengan pemasangan pintu lipat ini akan membuat suasana ruangan menjadi lebih sejuk. Kemudian pintu yang bisa dilipat dengan lebar membuat udara yang masuk akan semakin mudah dan menciptakan suasana sejuk.

Baca juga: Ini Dia Berbagai Macam Model Pintu Rumah yang Unik

Itulah tips untuk menciptakan suasana sejuk pada rumah anda. Apakah anda sudah mengaplikasikan salah satu dari tips tersebut? Banyak cara yang bisa dilakukan agar rumah anda menjadi sejuk tanpa AC salah satunya dengan memasang folding doorSemoga berbagai informasi yang telah diberikan dapat membantu.