4 Tips Membersihkan Kaca Kamar Mandi

Kamar mandi menjadi salah satu ruangan yang keberadaannya paling dibutuhkan. Bagaimana tidak? Setiap hari kamu perlu membersihkan diri di kamar mandi.

Terkadang ruang kamar mandi didesain sedemikian rupa untuk membuat penghuni rumah merasa betah saat menggunakannya. Ada tipe kamar mandi yang biasa, namun ada pula yang menggunakan tipe shower box.

Tips Membersihkan Kaca Kamar Mandi


Pada kamar mandi dengan tipe shower box, area untuk kegiatan mandinya dibatasi oleh kaca. Kamu bisa membasahi tubuh dengan shower yang telah disediakan.

Kamar mandi yang memiliki area shower-nya sendiri seperti ini sedang diganderungi banyak orang karena dinilai lebih elegan dan tidak memakan banyak tempat.

Namun karena keberadaan dari kotak shower ini, otomatis kamu perlu kerja lebih ekstra dalam membersihkan kamar mandi, terutama pada setiap bagian kaca di dalamnya.

Tips Saat Membersihkan Kaca di Kamar Mandi

Banyak orang yang mengabaikan pentingnya menjaga kebersihan kamar mandi, terutama pada bagian kaca. Padahal jika tidak rajin dibersihkan, kaca cermin dan shower box kamu akan rentan rusak dan tingkat kelembapannya bisa meningkat.

Membersihkan kaca pun juga harus hati-hati. Berikut 5 tips penting yang perlu kamu perhatikan ketika ingin membersihkan kaca di kamar mandi.

1. Biarkan Pintu Kamar Mandi Terbuka

Bisa dibilang ini merupakan langkah pencegahan. Mulai sekarang, biasakan untuk selalu membuka pintu kamar mandi saat sedang tidak digunakan. Hal ini dilakukan agar kamar mandi jadi lebih cepat kering dan terhindar dari kemungkinan tumbuhnya jamur.

Ini berlaku juga untuk box mandi. Bila terdapat ventilasi atau jendela kearah luar, tidak ada salahnya untuk membukanya di siang hari agar udara di kamar mandi dapat bersikulasi dan tidak menyebabkan kaca menjadi lembap.

2. Gunakan Cairan Pembersih Khusus Kaca

Pada berbagai kesempatan, kamu akan dihadapkan pada sisa percikan air dan sabun yang mengering pada permukaan kaca shower box. Kabar buruknya, terkadang permasalahan ini tidak mudah dihilangkan hanya dengan mengelapnya saja.

Oleh karena itu, sekarang sudah banyak hadir produk-produk cairan pembersih yang khusus untuk perawatan kaca. Kamu bisa menggunakan cairan pembersih jika memang dibutuhkan. Pastikan selalu ikuti aturan dan instruksi pemakaiannya, ya!

3. Basmi Jamur pada Kaca dengan Cairan Cuka

Banyak yang meyakini bahwa cuka ampuh dalam membersihkan jamur membandel pada pemukaan kaca. Selain ampuh, membuatnya sendiri juga sangat mudah.

Kamu hanya perlu mencampurkan air dan cuka dengan perbandingan 50:50, lalu oles atau semprotkan pada permukaan kaca yang terdapat jamurnya. Sebelum dibilas, tunggu sampai 5 menit agar cairan dapat bekerja. Jika sudah dibilas, pastikan untuk mengelap kacanya sampai kering.

4. Gunakan Kaporit Jika Cairan Cuka Kurang Efektif

Kaporit pada dasarnya sering digunakan sebagai penjernih. Itu artinya kaca yang buram atau berjamur dapat kembali menjadi bersih apabila menggunakan kaporit. Penerapannya tidaklah sulit. Kamu cukup melarutkan bubuk kaporit pada air sampai mengental, lalu kemudian mengoleskannya pada permukaan kaca yang ingin dibersihkan.

Tunggu selama beberapa menit. Jika sudah mengering, gunakan kain yang sudah dibasahi air untuk membilasnya. Langkah terakhir, gunakan kertas koran untuk mengelap permukaan kaca yang sudah dibilas tersebut.


Nah, itulah 4 tipsmembersihkan kaca kamar mandi yang perlu kamu ketahui. Mulai sekarang, jaga selalu kebersihan kamar mandi. Bersihkan selalu material kaca dengan cara yang tepat dan bijak agar bisa awet dan dapat bertahan lama.


kaca

Komentar